Prinsip Kerja Air Conditioner (AC)

air conditioner atau yang sering disebut AC pada dasarnya mempunyai fungsi utama yaitu sebagai pengkondisian udara, pengkondisian udara biasanya disesuaikan dengan kebutuhan iklim dari penggunaan AC. indonesia merupakan negara tropis sehingga pemanfaatan AC sering digunakan untuk mendinginkan ruangan sedangkan pada daerah sub tropis AC dapat digunakan sebagai penghangat & pendingin ruangan .

prinsip kerja air conditioner sebenarnya sama halnya dengan lemari es.  pada kedua alat ini mempunyai alat yang sama yaitu
1. compresor

2. kondensator

3. katup ekspansi

4. evaporator

langsung saja

siklus :

1. Kompresor : ini merupakan alat untuk memberikan tekanan pada refrigerant, sehingga suhu refrigerant tinggi.

2. kondenser : alat ini secara umum berfungsi untuk membuang panas refrigerant ke lingkungan. refrigerant setelah keluar kompresor bersuhu tinggi dan berbentuk gas setelah melewati alat ini refrigerant berubah sehingga berbentuk cair (kondensasi). (kalo ac yang di rumah letaknya yang diluarrrr mas bro)

3, katup expansi : berfungsi sebagai penurun tekanan setelah keluar kondenser, selain tekanan refrigerant turun suhu refrigerant juga turun lebih kecil dari suhu ruangan yang didinginkan

4. evaporator : berfungsi memberikan udara dingin pada ruangan dengan cara perpindahan panas ke ruangan. refrigerant setelah keluar dari katup ekspansi berwujud campuran antara gas dan cair pada alat ini panas ruangan ditangkap dan wujud dari refrigerant ( kalo bahasa umumnya freon ) berubah menjadi sepenuhnya gas (evaporasi)

siklus ini berputar terus menerus.

SEMOGA BERMANFAAT .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s