Belajar Skala Nada pada Gitar dengan Software Guitar pro

mungkin bagi pemula seperti saya skala nada atau tangga nada sangat sulit dipahami karena banyak nya skala nada itu sendiri.

mungkin sebelumnya saya akan membahas skala mayor pada gitar, skala mayor ini mempunyai jarak nada    1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2. misalnya nada C=do dimana nada pertama (do) ada pada not C, kalo pada gitar  nada C ada di beberapa tempat. misalnya kita ambil pada senar 5 fret 3 , dari itu kita untuk menentukan nada re(2) gampangnya kita lompati fret 3 tersebut dengan 1 fret jadi dari fret 3 kita pindah ke fret 5 pada senar yang sama. untuk nada dengan jarak nada 1/2 misalnya pada nada mi (3) ke fa (4), kita hanya memindahkan fret ke fret kanannya. contohnya pada senar 4 fret ke 2 yaitu nada mi (3) kita pindah ke fret 3.

tapi kalau sulit memahami kata-kata diatas karena saya memang baru belajar mugkin saya akan memberikan solusi mengetahui skala nada mayor, minor, pentatonis dll dengan software guitar pro.

software ini memberikan kemudahan mengetahui skala nada pada gitar,

tampilan disamping merupakan tampilan software guitar pro

untuk menceri scale yang kita inginkan maka pada toolbar kita pilih tool > scale. Dari itu akan muncul banyak scale yang kita  inginkan. Di situ akan munculjarak nada dan not apa yang ada pada scale itu tergantung pada nada dasarnya, dan terdapat juga tampilan dimana letak nada-nada yang harus ditekan pada guitar untuk menghasilkan nada-nada itu

klik disini untuk download software guitar pro

2 responses to “Belajar Skala Nada pada Gitar dengan Software Guitar pro

Tinggalkan komentar